Tanggul Kali Citarum Longsor, 3 Rumah Warga Rusak Parah

Tanggul Kali Citarum Longsor, 3 Rumah Warga Rusak Parah

Sinar7.com II Bekasi

Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Bekasi beberapa hari yang lalu mengakibatkan tanggul sungai Citarum Longsor.

Akibatnya, tiga rumah warga di Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabang Bungin, Kabupaten Bekasi mengalami kerusakan yang cukup serius.Selain merusak tiga rumah warga ternak merekapun Lenyap tertimbun tanah longsor tanggul Sungai Citarum.Rabu (12/01/2022).

Menurut ketua Rt setempat Matum saat di Konfirmasi Sinar7.com Mengatakan, kejadian bermula pada saat hujan deras dirinya mendengar suara gemuruh seperti runtuhan tanah yang sontak membuatnya kaget.

Kemudian dia langsung mendatangi lokasi suara gemuruh tersebut, benar saja suara gemuruh yang ia dengar adalah longsoran dari tanggul sungai Citarum.

“Kejadian longsor semalam saat hujan deras, kedengeran suara gemuruh, saya kaget lansung liat kelokasi yang emang rumah saya juga di pinggir tanggul kali sungai citarum lokasi yang longsor,” jelas nya.

“Untuk saat ini ada tiga rumah yang rusak parah dan ternak warga, untuk korban jiwa alhamdulillah hanya ada warga yang luka ringan,” tutur Maksum.

Dirinya berharap pemerintah dapat segera memperbaiki tanggul yang mengalami kerusakan akibat longsor ini agar warga yang tinggal di sekitar tanggul tidak merasakan ketakutan dan rasa cemas.

“Harapan saya sebagai Ketua Rt 005/003 Desa LenggahJaya agar pemerintah secepatnya memperbaiki tanggul kritis dan yang longsor ini, karena saat Ini tanggul yang retak makin bertambah,” harapnya.

“Kondisi ini mengancam rumah rumah warga yang berada di sekitar tanggul, jika tidak segera ditangani maka tanggul akan terancam longsor dan merusak rumah warga kami,” sambung Maksum.

Sementara itu, petugas Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum sedang memperbaiki tanggul kritis dengan memasang batu beronjong, namun tadi malam saat turun hujan terjadi longsor. Sementara, Kepala Desa Lenggahjaya, Sadih M Farhan,mengatakan, ada keretakan tanggul sungai Citarum sepanjang kurang lebih 350 meter yang sudah mengalami keretakan dan butuh perbaikan secara permanen.

“Selain di lokasi tanggul longsor yang merusak tiga rumah warga, sepanjang kurang lebih 350 meter tanggul sudah mengalami retak. harapan saya kepada pihak terkait untuk secepatnya tanggul kritis yang sudah amblas dan Llngsor ini segera diperbaiki permanen,” jelas Sadih.

Di singgung terkait rumah warga yang mengalami kerusakan akibat terkena longsor,dirinya menjelaskan akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait agar permasalahan ini dapat segera ditangani.

“Selanjutnya akan kami bahas kepada pihak-pihak terkait bagaimana nanti cara penanganannya untuk perbaikan rumah warga yang rusak,” imbuhnya.

Diketahui, beberapa waktu yang lalu, Bupati, BPBD dan DPRD Kabupaten Bekasi datang mengunjungi tanggul kali Citarum yang kritis, melihat kondisi tanggul tersebut, namun hingga kini masih belum ada upaya untuk memperbaikinya secara permanen.

(M.Adin)