UPTD Puskesmas Pebayuran Gelar Percepatan Penyuntikan Vaksinasi Di Desa Karangjaya

UPTD Puskesmas Pebayuran Gelar Percepatan Penyuntikan Vaksinasi Di Desa Karangjaya

Sinar7.com||BEKASI

Dalam Rangka mendukung program pemerintah pusat pemerintah Kabupaten Bekasi, UPTD Puskesmas Pebayuran melakukan percepatan penyuntikan 1000 Vaksin kepada warga dengan cara menjemput bola dilaksanakan di Aula Kantor Desa Karangjaya Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/8/2021).

Tujuan vaksinasi agar membuat kekebalan bagi tubuh masyarakat, guna mencapai target herd immunity (membuat kekebalan komunitas) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kepala UPTD Puskesmas Pebayuran Heni Fatmasari, SKM, mengatakan bahwa kegiatan Vaksinasi yang di lakukan UPTD Puskesmas Pebayuran yaitu setiap Desa melakukan vaksinasi di Delapan Desa diantaranya, Desa Bantarjaya, Desa Bantarsari, Desa Karangpatri Desa Karangreja, Desa Karang haur, Desa Kertajaya, Kelurahan Kertasari, dan terutama di Desa Karangjaya yang ke IX kepada warga berusia 18 sampai 50 tahun guna mencapai target program seribu Vaksin perhari yang ada di wilayah Puskesmas Pebayuran. Ucapnya.

“Kegiatan Vaksinasi terlebih dahulu pemeriksaan gula darah dan tekanan darah. Bagi para penerima vaksin yang memiliki riwayat penyakit tidak disarankan untuk melanjutkan proses suntik vaksin Sinovac Covid-19, alur pengisian yaitu input data, pemeriksaan tensi dan suhu dan terakir vaksinasi, kemudian dilakukan observasi 30 menit,” ucapnya.

Saan Sahroni selaku Kepala Desa Karangjaya mengucapkan sangat berterimakasih kepada Puskesmas Pebayuran yang telah melakukan jemput bola untuk kegiatan Vaksinasi Sinovac Covid-19 yang ke Sembilan kali untuk masyarakat Desa Karangjaya saat ini

“Semoga dengan adanya Vaksinasi ini masyarakat khususnya Desa Karangjaya bisa terhindar dari bahaya’nya Virus Covid-19 ini dan semoga Covid-19 segera berakhir dan berlalu,” Jelasnya.

Kades pun menjelaskan yang sudah divaksin untuk warganya sekitar 100 orang dan berharap pada masyarakat Desa Karangjaya bila keluar rumah jaga kesehatan ikuti protokol kesehatan yaitu 5M memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hindari mobilitas, dan pesan di rumah saja.

Kepala Desa bekerjasama dengan para Ustd, Ketua Kelompok PKH, Grup wali Murid, dan LSM, untuk memberikan himbauan pada masyarakatnya untuk di Vaksin dan berharap kepada pemerintah Kabupaten Bekasi, terutama pemerintah Kecamatan Pebayuran, agar di bukanya tatap muka belajar, seperti Sekolah Dasar, taman pendidikan Al Qur’an, TPQ, dan Majlis ta’lim.Terangnya.

Hasil dari kegiatan tersebut cukup mengesankan, di mana pelaksanaan penyuntikan perhari ini sebanyak 100 orang telah berhasil disuntik Vaksin Sinovac Covid-19.

Dari 100 warga tersebut diantaranya usia 18 sampai 50 tahun dan juga warga masyarakat lainnya yang siap untuk divaksin.

Bripka Aep Saepulloh selaku Binmaspol Desa Karangjaya mengimbau pada masyarakat Desa Karangjaya agar untuk menerapkan protokol kesehatan sudah satu tahun lebih. “ seharusnya masyarakat sudah dapat mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan dan protokol kesehatan, karena itu semua tak lain untuk kebaikan kita semua,” jelasnya.

“Personel maupun dari tenaga kesehatan, tak bosan-bosan memberikan himbauan maupun pelayanan kesehatan dalam melaksanakan penanganan penanggulangan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang ada di wilayah Kecamatan Pebayuran, karena itu untuk kebaikan kita semua,” Pungkasnya.”

Acara tersebut dihadiri, Camat Pebayuran Terwakili Kasi Pemerintahan Sugiharto, SE, MA, Staf Seksi Pemerintahan Holidin, Kapolsek Pebayuran terwakili, Bripka Aep Saepulloh, Koramil 11 Pebayuran terwakili ,  Serma Latur Kardi Babinsa AD, Karangjaya, Kepala Desa Karangjaya Saan Sahroni, Petugas Puskesmas Pebayuran, tenaga Kesehatan, Bidan Hj, Nina Dewi, K, AM, Keb, Asep Dedi, SKM, Drg, Remi Reza Rina, THL Ponet Dinas pagi, RT, RW, Dusun, aparatur pemerintahan Desa, petugas Kesehatan Puskesmas Pebayuran dan yang lainnya.

Pada kegiatan Vaksinasi tersebut, tetap mengedepankan protokol kesehatan.

 

 

(Wn& team)